Tujuh Langkah Awal Membangun Bisnis Startup

Bisnis Asuransi, Begini Cara Kerjanya : Okezone Economy

ayosebarkan.com Siapa di antara kalian yang tidak tahu proses startup di Indonesia? Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, startup telah menjadi perbincangan. Pertama kali diketahui melalui kisah sukses berbagai start-up lokal yang kini menjadi unicorn seperti Gojek, BukaLapak, dan Traveloka.

Banyak definisi yang sedikit berbeda dalam mendefinisikan arti inisiasi. Terutama bagaimana mengatur mereka yang masih dianggap pemula dan yang belum. Banyak orang mengasosiasikan startup dengan sisi teknologi. Merujuk Wikipedia.com, startup adalah istilah untuk startup yang sedang dalam proses pengembangan.

Startup ini lahir dari ide bagus yang muncul dari isu sosial. Mereka memiliki visi untuk membawa solusi untuk masalah tersebut. Namun mereka masih mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang. Artinya, di awal pendiriannya, startup tersebut belum memiliki business plan yang matang.

Seringkali, startup seperti ini adalah anak muda dengan ide bagus tapi tidak banyak pengalaman dalam pemasaran. Akhirnya, startup yang tidak pasti sering dipelajari, mulai dari model bisnisnya, target pasarnya, bahkan konsep produknya.

Banyak orang yang puas membangun bisnis startup tanpa memahami langkah-langkah penting yang harus dilakukan, padahal dibutuhkan persiapan yang matang untuk memulai bisnis startup. Dengan cara ini, Anda tidak akan berhasil memulai bisnis. Untuk menghindarinya, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dengan mengacu pada laman Jurnal.id.

1. Memvalidasi Ide

Anda bisa memunculkan ide bisnis kapan saja dan di mana saja, namun kuncinya adalah proses mewujudkan ide yang sudah Anda pikirkan. Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan banyak hal, yaitu menemukan masalah, menemukan orang-orang yang terluka oleh masalah tersebut, dan mengungkapkan solusi yang Anda miliki untuk menyelesaikannya. Dengan ketiga faktor tersebut, Anda bisa menentukan apakah ide Anda layak atau tidak.

2. Rencana Bisnis

Dengan ide, kini saatnya menentukan tujuan dan rencana bisnis yang memiliki proses berbeda dan bekerja untuk beberapa waktu ke depan. Cobalah untuk menyelesaikan daftar tugas dalam waktu yang ditentukan. Yang Anda butuhkan untuk membuat rencana bisnis hanyalah ide sederhana dan coba pikirkan apa yang Anda inginkan. Rencana sederhana dan dijalankan dengan target pasar yang tepat, hasilnya akan lebih baik untuk menciptakan startup digital yang sukses.

3. Melakukan Riset

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda melakukan riset sebelum mengambil keputusan. Anda harus selalu memiliki bukti untuk mendukung keputusan Anda, jangan hanya mengandalkan insting atau pendapat pribadi Anda. Misalnya, sebelum Anda memutuskan media sosial seperti apa yang akan Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda, cobalah untuk menganalisis kontennya dan calon pengguna bisnis Anda. Apakah target pasar Anda menggunakan media sosial? Atau seberapa sering mereka menggunakan media sosial? Apa yang paling mungkin mereka temukan di media sosial?

4. Memiliki Wawasan Tentang Teknologi

Memang tidak ada pekerjaan bagi startup untuk fokus pada teknologi dan sistem informasi. Tapi, nyatanya, semua permulaan bergantung pada ini. Bahkan perusahaan non-teknis tidak dapat menyangkal bahwa penggunaan teknologi penting dalam bisnis. Apalagi jika Anda menjalankan startup digital, memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi sangatlah penting.

5. Orisinal

Banyak orang mencoba untuk mendapatkan produk asli atau asli. Memiliki bisnis terlebih dahulu berarti Anda harus memikirkan sesuatu yang unik dan berharga bagi pelanggan. Jangan sembarangan melakukan hal-hal yang dianggap unik tapi tidak orisinal.

6. Selalu Konsisten

Setiap bisnis yang dimulai dengan persiapan yang tepat akan meningkatkan efisiensinya. Sebagai wirausahawan, Anda harus selalu kreatif dan membuat rencana baru atau menyempurnakan rencana yang sudah ada. Persyaratan internal konsisten sehingga pelanggan dapat dengan mudah memahami bisnis Anda.

7. Memperluas Bisnis

Jika dalam 6 bulan Anda sudah melihat perkembangan yang baik, Anda dan tim Anda dapat memulai bisnis tersebut. Lakukan pengembangan bisnis setahap demi setahap agar terhindar dari resiko kerugian besar dan bisnis Anda bisa tetap kokoh meski mengalami perubahan. Itulah tujuh langkah awal membangun bisnis startup digital. Semoga tips ini dapat membantu Anda menjadi pengusaha sukses.


Post Views:
1

Tinggalkan Balasan