Beranda Kesehatan Tips Tingkatkan Usia Harapan Hidup Ala Orang Jepang

Tips Tingkatkan Usia Harapan Hidup Ala Orang Jepang

87
0

Usia Haparan Hidup (UHH) telah lama menjadi tolok ukur mengenai kemajuan suatu negara. Hal tersebut dapat dilihat dari usia maksimal masyarakat lansia yang ada pada suatu negara. Jika lansia dapat hidup sehat maka itu pertanda kalau layanan kesehatan di negara tersebut sudah sangat baik.

Pada awal tahun 2016 ini Usia Harapan Hidup masyarakat Indonesia tengah mengalami penurunan yakni menjadi 68,9 tahun. Bahkan usia harapan hidup masyarakat kita berada di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan masyarakat yang ada di Asia dan Pasifik.

Jepang misalnya, negara ini memiliki kualitas Usia Harapan Hidup yang sangat tinggi. Masyarakatnya mampu bertahan hidup rata-rata hingga mencapai 80-85 tahun. Hal ini dikarenakan layanan kesehatan yang baik serta sadarnya akan pola hidup sehat.

Tips Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Tentunya setiap orang ingin bisa memiliki umur yang panjang bukan? Seperti layaknya masyarakat Jepang yang mampu mencapai usia bahkan ada yang hampir mencapai 100 tahun.

Ini bukanlah suatu hal yang tak bisa diwujudkan asalkan kita mau berkomitmen untuk mengubah kebiasaan serta pola hidup. Berikut ini adalah beberapa tips dimana anda bisa mendapatkan umur yang panjang layaknya orang Jepang.

Gemar Makan Ikan
Kebiasaan masyarakat di Jepang menyantap berbagai olahan ikan mentah atau yang sering disebut sushi adalah salah satu rahasia sehat mereka. Mengkonsumsi daging ikan yang kaya akan omega 3 dapat menyehatkan jantung serta penting untuk kecerdasan otak. Masyarakat Jepang mampu mengkonsumsi ikan bahkan hampir setiap hari.

Makan Sayur-sayuran
Selain gemar menyantap ikan, masyarakat Jepang juga sangat menyukai berbagai jenis sayuran. Mereka bahkan lebih senang memakannya mentah-mentah atau dijadikan sebagai lalapan.

Mengurangi Makanan Manis
Bagi sebagian besar orang Indonesia, makanan manis seperti kue, cookies, dan ice cream adalah sesuatu yang menyenangkan. Bahkan tak sedikit orang yang menyimpan berbagai jenis camilan manis untuk dijadikan teman saat bersantai atau menonton televisi.

Kebiasaan buruk tersebut dapat memicu munculnya penyakit diabetes dimana kandungan gula darah di dalam tubuh akan meningkat. Berbeda dengan masyarakat di Jepang, mereka lebih baik untuk mengurangi konsumsi makanan manis dan menggantinya dengan makanan sehat seperti teh hijau atau buah-buahan.

Jalan Kaki
Satu lagi kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah malas untuk merasa capek. Sering sekali kita lebih memilih untuk naik kendaraan pribadi hanya untuk menuju ke suatu tempat walaupun jaraknya masih tergolong dekat. Orang-orang Jepang biasanya lebih memilih untuk berjalan kaki untuk menuju ke terminal atau stasiun.

Pola Makan Seimbang
Ketika anda menonton serial film Jepang dimana ada adegan saat makan, maka anda pasti melihat kalau menu yang disajikan sangat beragam mulai dari nasi, sayur, lauk, hingga teh. Kebiasaan inilah yang menjadikan mereka sehat serta berumur panjang.

Pola makanan yang seimbang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Selain itu, jumlah nasi yang dikonsumsi biasanya hanya satu mangkuk kecil saja. Berbeda dengan orang Indonesia yang menyajikan satu bakul nasi di atas meja saat acara makan.

Sebenarnya hal yang paling mendasar untuk meningkatkan Usia Harapan Hidup seseorang adalah melalui pola hidup sehat. Karena sesungguhnya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat pula. Mulai sekarang, alangkah baiknya jika masyarakat Indonesia berfikir akan pentingnya kesehatan sehingga akan meningkatkan Usia Harapan Hidup mereka sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here