Beranda Kesehatan Tips Berhenti Merokok Sekarang Juga

Tips Berhenti Merokok Sekarang Juga

46
0

Kebiasaan merokok memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu bahaya merokok adalah menderita gangguan pada organ jantung. Pasalnya sekitar lebih dari 20% kematian pada seseorang akibat jantung yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Merokok bisa jadi merupakan aktivitas yang menyenangkan menurut Anda. Akan tetapi dampak yang diakibatkan sungguh bahanya bagi tubuh, sehingga ada baiknya untuk berhenti menjadi perokok.

Namun, bagaimana jika sulit untuk berhenti merokok? Ya, ada beberapa cara ini bisa Anda lakukan agar berhenti menjadi perokok.

1. Berpikir Tentang Manfaat Berhenti Merokok
Jika Anda selalu berpikir akan manfaat berhenti menjadi perokok, tentunya akan terpacu untuk melakukannya. Manfaat jika Anda berhenti menghisap rokok yaitu tak hanya untuk diri sendiri saja melainkan juga keluarga Anda.

Dengan tidak menjadi perokok, akan menjadikan Anda lebih sehat, lebih awet muda, tampan/cantik. Selain itu, keluarga Anda terutama anak-anak pun akan terhindar dari dampak negatif yang diakibatkan oleh rokok.

2. Meminta Dukungan dari Orang Terdekat
Seseorang yang berniat untuk berhenti melakukan sesuatu, tentu harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti keluarga, sahabat atau pasangan. Dimana mereka sangat berperan untuk mengingatkan Anda untuk berhenti merokok. Melalui dukungan yang semakin besar, tentunya Anda bisa lebih bersemangat untuk berhenti menghisap zat beracun tersebut.

Selain itu, Anda pun dapat mengajak para perokok aktif yang lainnya agar berhenti bersama-sama. Dengan mendapat dukungan dari sesama perokok, tentunya hal ini akan membantu Anda supaya terbebas dari benda yang satu ini.

3. Mengganti Dengan Camilan
Untuk berhenti menjadi perokok aktif memang tidaklah mudah, biasanya mulut Anda yang terasa pahit akan langsung terasa nikmat saat merokok. Namun Anda bisa menyiasatinya, saat Anda merasakan mulut Anda pahit dan berniat untuk merokok kembali langsung alihkan dengan mengonsumsi camilan yang manis seperti permen atau permen karet. Dengan begitu keinginan Anda untuk merokok pun bisa diurungkan kembali.

4. Katakan “No” Pada Rokok
Tak sedikit orang berjanji berhenti menjadi perokok, namun tak sedikit pula yang melanggarnya. Saat Anda memutuskan berhenti merokok maka harus mencoba mendisiplinkan diri sendiri. Bisa saja, sesekali Anda tergiur merokok kembali.

Namun pikirkan dan katakan pada diri sendiri untuk mengatakan “tidak” pada rokok. Usahakan sebaik-baiknya untuk menjauhkan pikiran Anda dari merokok. Jika Anda melanggarnya, tentu tak akan pernah berhasil untuk berhenti merokok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here