Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera Mundur

Pelajari penyebab dan cara memperbaiki kamera belakang tidak berfungsi

Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera Mundur

Kita tahu bahwa beberapa mobil terbaru kini hadir dengan teknologi canggih dan modern. Salah satunya adalah kamera belakang mobil. Dengan kamera mundur, mobil ini memudahkan Anda untuk parkir. Lalu bagaimana jika kamera cadangan mobil tidak berfungsi?

Kamera cadangan mobil yang tidak berfungsi pasti akan mempersulit parkir mobil Anda, apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakan fitur canggih ini. Nah, pada kesempatan kali ini wartaoto.com akan membahas bagaimana cara mengatasi kamera cadangan mobil yang tidak berfungsi dengan baik.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab dibalik kenapa kamera cadangan mobil tidak berfungsi:

1. Pemasangan kabel kamera belakang mobil terputus
2. Sensor kamera cadangan mobil kotor atau rusak
3. Tegangan ke kamera belakang mobil tidak mengalir
4. ECU (modul) kesalahan sensor terbalik
5. Saklar sensor terbalik rusak
7. Lampu sekering mati
8. Bagian yang terlepas (misalnya tudung kabel yang kendor atau salah satu komponen yang tidak tersambung)
Viral: Spesifikasi Lengkap Hyundai Tuscon 2021
Cara memperbaiki kamera cadangan mobil tidak berfungsi

Jika Anda sudah mengetahui penyebab kamera cadangan mobil tidak berfungsi, Anda dapat dengan mudah memperbaiki kamera cadangan mobil yang tidak berfungsi. Jadi, berikut adalah cara memperbaiki kamera cadangan mobil yang tidak berfungsi:

1. Menghubungkan instalasi kabel yang rusak

Jika penyebab masalahnya adalah kabel yang putus, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menyambungkan kembali kabel yang putus. Kemudian Anda periksa kembali sebelum semua komponen dapat dipasang kembali.

2. Membersihkan sensor parkir yang kotor

Penyebab lain kamera belakang mobil tidak berfungsi adalah sensor yang kotor. Solusinya cukup bersihkan saja. Saat membersihkan, lebih baik membersihkan semua komponen agar berfungsi dengan baik.

3. Periksa tegangan yang mengalir ke sensor parkir
Viral: Pertama Hadir di Jepang, Ini Harga Toyota Raize Hybrid

Untuk memperbaiki kamera cadangan mobil yang tidak berfungsi, periksa tegangan suplai, yang dapat Anda periksa dengan meteran. Untuk mengetahui apakah komponen ini tidak dapat bekerja ketika catu daya hilang atau tidak stabil.

4. Mengganti komponen sensor parkir yang rusak

Jika penyebab masalahnya adalah salah satu komponennya rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

5. Memeriksa semua komponen yang terhubung ke sensor parkir

Jika menurut Anda semua bagian kamera belakang mobil normal dan aman, Anda hanya dapat memeriksa kabel, komponen, polisi, dan daya. Apakah semua komponen terpasang dengan benar di sensor parkir?

Semoga gambaran umum tentang bagaimana kamera cadangan mobil tidak berfungsi dapat membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi dengan kamera cadangan mobil Anda.

Sumber :

Tinggalkan Balasan