Gaji UMR Tasikmalaya Serta UMK Standar Terbaru Saat Ini, Cek Disini!

Smbc – Bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya yang mencari kerja di Tasikmalaya ada kabar baik untuk Anda. Saat ini gaji UMR Tasikmalaya naik dengan presentase yang lumayan. Mengingat pandemi bahkan banyak wilayah yang tidak menetapkan kenaikan gaji.

Akan tetapi Tasikmalaya memiliki kemampuan untuk memberikan aturan kenaikan gaji demi menyejahterakan karyawan.

Informasi selengkapnya perihal kenaikan gaji UMR Tasikmalaya bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Gaji UMR Tasikmalaya

Gaji UMR Tasikmalaya
Gaji UMR Tasikmalaya

Angka kenaikan gaji UMR Tasikmalaya tahun ini mencapai presentase 3,33%. Dalam keputusan pemerintah kota Tasikmalaya ditetapkan bahwa dengan presentase kenaikan sebesar 3,33% tersebut menjadikan gaji UMR Tasikmalaya sebesar Rp 2.339.487,59.

Sebelumnya di tahun 2020 gaji UMR Tasikmalaya hanya Rp 2.264.093,00 saja. Kenaikan gaji juga dilakukan pada beberapa wilayah lainnya seperti Palembang dan Tangerang.

Baca : Gaji UMR Palembang Naik Cukup Besar

Baca juga : Gaji UMR Tangerang Ini Daftarnya

Bagi Anda yang memiliki usaha dan ingin memberikan kenaikan gaji karyawan perhitungan menyeluruh terhadap kondisi dan stabilitas karyawan juga perlu Anda pahami.

Beberapa aspek yang wajib dipertimbangkan oleh pemilik usaha dalam keterkaitannya dengan kenaikan gaji karyawan meliputi :

1. Standar gaji rata – rata di daerah

Kelayakan hidup karyawan
Kelayakan hidup karyawan

Sebelum Anda ikut memberikan gaji UMR Tasikmalaya kepada karyawan Anda atau memberikan kenaikan gaji dari sebelumnya, coba lihat dulu standar gaji rata – rata di daerah tempat perusahaan Anda berdiri.

Perbandingan perlu dilakukan agar musim gaji tidak terlalu jomplang. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari konsultan gaji atau bisa berlangganan database gaji.

Kemudian perbandingan yang Anda temukan dari data yang sudah Anda kantongi bisa menjadi salah satu aspek penilaian dasar terhadap penetapan atau penyesuaian gaji.

2. Menelaah laporan analisis gaji

Laporan analisis gaji tentu akan sangat membantu dalam melihat besaran gaji yang diberikan kepada karyawan jika dibandingkan dengan gaji rata – rata pada jabatan tertentu atau jabatan terkait. Jadi telaah laporan analisis gaji dan berikan gaji yang sesuai.

Dengan memberikan gaji yang sesuai, setara atau bahkan sedikit lebih tinggi dari perusahaan lain memberikan beberapa manfaat seperti :

  • Menjadikan karyawan semakin kompetitif
  • Mempertahankan karyawan berkualitas
  • Mencegah karyawan pindah ke perusahaan lain

Oleh sebab itu pemberian gaji terhadap karyawan menjadi salah satu aspek yang tidak boleh diremehkan pengusaha.

3. Cek prestasi kerja karyawan

Kualitas kerja karyawan
Kualitas kerja karyawan

Kinerja karyawan di perusahaan harus Anda pahami. Bagaimana cara dia menjalankan tugasnya, apakah banyak tugasnya yang berhasil diselesaikan atau tidak dan masih banyak lagi aspek penting lain yang harus diperhatikan.

Cek kinerja karyawan sesuai dengan job desknya atau tidak. Pastikan agar Anda tidak pernah menghiraukan hal – hal kecil yang dilakukan karyawan selama bekerja karena bisa jadi hal yang menurut Anda kecil berpotensi memberikan perubahan yang besar kepada kelangsungan perusahaan Anda.

4. Perhatikan loyalitas karyawan terhadap perusahaan

Tidak hanya pekerjaan dan prestasinya saja yang harus dicek, loyalitas karyawan terhadap perusahaan juga harus diuji.

Penilaian ini dapat membuat perusahaan bisa memahami siapa yang berhak bertahan lama di perusahaan karena loyalitasnya dan mana yang tidak bisa dipertahankan. Penilaian seperti ini juga dapat menjadi salah satu aspek yang bisa menunjukkan tingkat retensi karyawan itu sendiri.

5. Evaluasi yang berorientasi tujuan akhir

Evaluasi kerja
Evaluasi kerja

Masing – masing karyawan pasti memiliki rincian tanggung jawab dan tugas masing – masing serta harus memiliki tujuan yang harus dicapai.

Oleh sebab itu, melakukan evaluasi terhadap karyawan terkait sudah bekerja secara efektif demi mencapai tujuan individu atau tim perusahaan harus dilakukan.

Jika kinerja karyawan sudah setara atau bahkan lebih dari tujuan akhir perusahaan maka itu artinya ia sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan penyesuaian atau kenaikan gaji.

6. Kemampuan di luar tugas utama

Sebagaimana yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa upaya atau kinerja karyawan harus selalu diperhatikan. Seringkali karyawan melakukan inisiatif tertentu terhadap tim kerja atau perusahaan demi mencapai tujuannya.

Karyawan yang mampu selalu inisiatif dalam tugasnya bahkan mampu mengerjakan tugas di luar tugas utama harus Anda apresiasi.

Itulah beberapa aspek penting terkait gaji UMR Tasikmalaya terbaru yang Anda harus tahu dan pahami, semoga menjadi ulasan yang memberikan banyak manfaat untuk Anda!

Tinggalkan Balasan