Cara Cek BSU Ketenagakerjaan 2022 Beserta Cara Pencairannya

Para pekerja atau pegawai wajib sekali mengetahui beberapa informasi yang akan kami berikan sekarang ini. Atau mungkin kamu memang sedang mencari-cari pembahasan yang akan kami berikan saat ini? Yap pembahasan mengenai Cara Cek BSU.

Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah ini diperuntukan untuk para pekerja yang terkena dampak kenaikan BBM ya. Yang mana bantuan ini disalurkan oleh kementerian ketenagakerjaan untuk para pegawai. Pembagian bantuan ini juga dilakukan secara bertahap agar sampai ke tangan pekerja dengan baik.

Kamu semua tahu tidak bahwa program yang satu ini merupakan salah satu program lanjutan tahun 2021 silam. Cuma ada sedikit perbedaan dari bantuan yang dilancarkan pada tahun 2021 tersebut ya. Yaitu terletak pada nominal dan juga skema pembagian bantuannya.

Untuk mengetahui apakah kamu terdaftar atau tidak dalam pembagian BSU ini para pekerja memang perlu melakukan pengecekan ya. Untuk kamu yang belum tahu cara melakukan pengecekan bantuan ini. Bisa langsung saja melihat beberapa penjelasan yang ada disini ya.

Karena dalam artikel BaikHati.id akan kami berikan beberapa penjelasan mengenai informasi yang sedang kamu cari ini. Untuk itu kamu perlu simak beberapa penjelasannya yang sudah kami sediakan disini ya. Langsung saja kami mulai pembahasan mengenai informasi yang ada sekarang ini.

Detail Mengenai Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemnaker

cara-cek-bsu

Pada zaman sekarang ini biaya hidup akan semakin besar dan juga sangat mahal ya. Karena semakin kesini harga bahan-bahan pokok ataupun biaya lainnya semakin naik. Hal itu yang terkadang membuat para pekerja mengeluhkan gaji yang kurang sesuai dengan pemenuhan kebutuhan.

Tapi kamu tahu tidak bahwa sekarang ini ada banyak sekali bantuan yang diluncurkan oleh pemerintah. Guna membantu pemenuhan kebutuhan masyarakatnya pada zaman sekarang ini. Di zaman yang serba mahal kamu akan membutuhkan banyak sekali uang ya.

Salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah adalah BSU ya. BSU adalah singkatan dari Bantuan Subsidi Upah yang diperuntukan untuk para pekerja atau pegawai gitu ya. Bantuan ini berupa uang tunai yang diberikan secara langsung oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Bantuan berupa uang tunai ini juga langsung diberikan oleh kemnaker untuk para pekerja ya. Guna membantu perekonomian Indonesia yang sempat turun karena pandemi berlangsung lumayan lama ya. Dengan kata lain bantuan ini diberikan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia.

Pada program pertama jumlah nominal bantuan yang diberikan kepada penerima adalah Rp500.000 per bulannya ya. Tetapi biaya ini bisa dicairkan dalam kurun waktu setiap dua bulan gitu ya. Dengan mendapatkan bantuan ini kamu akan sedikit terbantu untuk memenuhi kebutuhan.

Tetapi sekarang ini bantuan jumlah nominalnya naik menjadi Rp600.000 per bulannya. Dari Kompas kami merangkum bahwa dana BSU pada tahap awal akan dikeluarkan untuk 4,36 juta pekerja atau buruh satu Indonesia ya. Itupun tidak semua calon penerima bisa menerima bantuan pada tahap satu.

Karena calon penerima BSU saat itu sejumlah 5,09 juta jiwa. Nah untuk mendapatkan BSU ini kamu perlu memenuhi beberapa syarat. Untuk kamu yang belum mengetahui berbagai syaratnya. Lanjutkan simak pembahasannya setelah pembahasan ini ya.

Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Penerima BSU

cara-cek-bsu

Jika kamu ingin mendapatkan berbagai bantuan, pasti hal pertama yang kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran. Yang mana saat pendaftaran itu kamu perlu mengisi beberapa syarat agar bisa terpilih menjadi calon penerima bantuan. Setiap bantuan pasti ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat penerimaan bantuan subsidi upah ini sudah sangat jelas dituliskan ya. Untuk kamu yang ini melakukan pendaftaran harus melihat terlebih dahulu mengenai syaratnya. Agar kamu bisa menjadi salah satu calon yang akan diterima perlu memenuhi beberapa syarat yang ada.

Syarat-syarat yang ada memang tidak akan bisa diubah lagi ya. Nah untuk itu memang kamu harus betul-betul memenuhi persyaratan yang berlaku jika ingin mendaftarkan. Apakah kamu tahu jika ingin mendaftar jadi calon penerima BSU perlu memenuhi beberapa syarat?

Nah untuk kamu yang belum mengetahui beberapa syarat yang tersedia dalam pendaftaran BSU. Tenang saja kami akan memberikan informasinya untuk kamu semua ya. Berikut merupakan syarat yang perlu kamu penuhi :

  • Kamu harus merupakan salah satu Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Yang kedua kamu juga harus menjadi pekerja aktif dari program asuransi BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2022.
  • Selanjutnya para pekerja harus memiliki gaji paling banyak Rp3,5 Juta setiap bulannya.
  • Kamu bukan termasuk ke dalam anggota Polri, PNS, dan TNI.
  • Yang terakhir bagi para calon penerima BSU belum pernah terdaftar dalam program kartu prakerja, keluarga harapan, ataupun program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro.

Berikut ini Beberapa Cara Cek BSU

cara-cek-bsu

Untuk kamu para pekerja yang sudah melihat berbagai syarat atau penjelasan mengenai BSU. Mungkin sudah ingin mencari tahu apakah sudah termasuk dalam calon penerima BSU atau belum ya. Sebelum itu kamu harus memastikan terlebih dahulu kamu sudah masuk dalam kriteria atau belum ya.

Cara pengecekan BSU memang merupakan salah satu hal yang mudah ya. Tapi mungkin bagi kamu yang belum pernah mengikuti beberapa program bantuan seperti ini akan sangat bingung. Mungkin juga kamu akan merasa kebingungan saat akan melakukan pengecekan BSU.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan BSU ini ya. Pemerintah juga sudah menyiapkan berbagai website yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan pengecekan. Tenang saja website yang diberikan pemerintah ini pastinya akan aman ya.

Jadi jangan ragu untuk menggunakan beberapa website yang ada di bawah sini ya. Nah untuk kamu yang belum mengetahui cara pengecekan bantuan subsidi upahnya. Bisa dilihat penjelasan yang ada di bawah sini dari BaikHati.id untuk para pembaca setianya.

Berikut ini dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek bantuan subsidi upah yang ada sekarang ini ya.

Melalui Website kemenaker.go.id

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek BSU adalah dengan menggunakan website kemenakar.go.id. Tenang saja cara penggunaan websitenya sangat mudah dan juga sederhana ya. Kamu tidak perlu khawatir dengan pengecekan yang sangat repot dan lain sebagainya.

Nah berikut ini langkah-langkah pengecekan BSU melalui website pertama :

  1. Buka terlebih dahulu salah satu aplikasi browser yang tersedia dalam ponsel kamu ya. Lanjut dengan mengunjungi website kemenakar.go.id melalui address bar yang ada pada bagian atas.
  2. Lanjut dengan kamu melakukan login akun ya. Jika kamu belum memiliki akun dalam website yang satu ini silahkan lakukan pembuatan akun terlebih dahulu ya. Setelah daftar kamu perlu melakukan aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  3. Jika daftar akun sudah selesai barulah kamu bisa melanjutkan login akun ya.
  4. Setelah login kamu akan langsung diminta untuk melengkapi data diri kamu.
  5. Selesai dan kamu bisa mengecek beberapa notifikasi yang akan muncul. berikut ini merupakan beberapa notifikasinya :
  • Terdaftar : Kamu akan mendapatkan notifikasi yang satu ini pastinya kamu sudah terdaftar dalam program BSU ini. Notifikasi ini akan sama dengan waktu penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada kemenaker.
  • Ditetapkan : Kamu akan dapatkan notif ini apabila sudah ditetapkan menjadi penerima BSU.
  • Disalurkan : Akan mendapatkan notif ini apabila dana sudah tersalurkan pada bank Himbara atau BSI untuk kamu yang bekerja di Aceh. Jika penyaluran pada kantor POS nantinya akan dikirimkan melalui surat.

Cara Cek BSU Melalui Website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Kalai cara yang kedua ini kamu bisa mengecek melalui website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kalau cara yang satu ini memang akan cukup sederhana. Dan juga lebih simple dari cara yang sudah kami berikan kepada kamu diatas tadi ya.

Kalau begitu berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan BSU :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi browser yang ada dalam perangkat kamu ya. Kunjungi bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id pada kolom address bar yang ada dalam browser kesayangan kamu.
  • Setelah website terbuka kamu bisa langsung saja masukan NIK yang dimiliki.
  • Akan diminta untuk mengisi nama lengkap serta tanggal lahir yang sesuai dengan KTP.
  • Langsung ketikan nomor ponsel yang masih aktif dan digunakan, ketikan ulang untuk konfirmasi.
  • Lanjut dengan memasukan email yang masih aktif dan ketikan ulang untuk konfirmasi juga.
  • Guna kamu memasukan nomor telepon yang masih aktif dan juga email yang masih digunakan. Nantinya agar bisa mendapatkan berbagai informasi BSU dengan mudah.
  • Lalu bisa klik lanjutkan.

Begini Cara Mencairkan BSU Dengan Dua Cara Mudah

Begini-Cara-Mencairkan-BSU-Dengan-Dua-Cara-Mudah

Setelah kamu melakukan pendaftaran seperti ini, belum pasti kamu sudah diterima ya. Untuk mengetahui kamu diterima atau tidaknya sebagai penerima dana BSU ini harus menunggu konfirmasi berikutnya ya. Agar kamu juga bisa mengetahui berbagai informasi dengan mudah bisa melihat melalui SMS ataupun email.

Maka dari itu saat pendaftaran kamu diminta untuk mengisi email yang aktif. Dan tidak ketinggalan nomor telepon aktif untuk bisa dikirimkan berbagai informasi. Nah kalau sudah diterima menjadi penerima BSU secara resmi. Kamu bisa mencairkan dana bantuan melalui dua cara.

Yang mana cara-cara pencairan bisa dilakukan dengan mudah. Dengan senang hati kami akan berikan kepada kamu beberapa cara pencairan dana BSU yang bisa dilakukan oleh kamu dengan mudah. Berikut ini merupakan beberapa caranya untuk kamu ya.

Mencairkan BSU Melalui Kantor POS

Pencairan yang yang sangat mudah dan kami yakin semua orang pasti bisa menggunakannya adalah melalui Kantor POS ya. Karena tidak memerlukan rekening atau lain sebagainya untuk melakukan pencairan. Kantor POS juga sudah menyiapkan pencairan yang dilakukan oleh para pekerja ya.

Ini dia langkah-langkah pencairan uang melalui Kantor POS yang semua orang bisa lakukan.

  • Kamu perlu menerima undangan dari RT atau RW setempat.
  • Lalu kamu bisa langsung pergi ke Kantor POS terdekat.
  • Tunjukan saja tanda pengenal seperti KTP/KK kepada petugas.
  • Nantinya petugas akan melakukan pengecekan bila data sesuai kamu akan langsung diberikan uang tunai.

Cairkan Dana BSU Melalui Bank Himbara

Selanjutnya kamu bisa mencairkan uang melalui Bank Himbara ya. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu memiliki rekening dari bank Himbara ini. Kamu bisa melakukan pencairan melalui Teller ataupun ATM ya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan :

  • Jika kamu sudah memiliki rekening bank Himbara, kamu bisa langsung mengecek melalui ATM dengan klik cek saldo ATM.
  • Atau kamu bisa langsung mendatangi teller Bank Himbara dan membawa kartu ATM untuk mencairkan dana bantuan.
  • Kamu bisa lihat mutasi rekening bank Himbara dari rekening koran yang dicetak melalui mesin ATM.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan