4 Cara Terbaik Factory Reset MacBook Cocok Untuk Semua Seri

Factory Reset harus Anda lakukan sebelum menjual MacBook lama. Apalagi Apple akan segera mengumumkan laptop model baru. Nah, bagi yang belum tahu, Telset akan memberikan tips cara Factory Reset MacBook.

Factory Reset berfungsi untuk mengembalikan perangkat, termasuk MacBook, ke tampilan awalnya. Semua data yang tersimpan juga akan dihapus.

Jika Anda tidak tahu cara Reset Pabrik MacBook? Telset membagikan cara menghapus semua data dan mengembalikan MacBook lama Anda ke pengaturan pabrik. Berikut cara Reset Pabrik MacBook:

1. Keluar dari Akun

Setelah memigrasikan data ke MacBook baru atau membuat cadangan terakhir untuk menyimpan data, saatnya menghapus semua jejak Anda dari mesin.

Pertama, Anda harus keluar dari semua akun. Di masa lalu, Anda bisa melakukan ini menggunakan iTunes. Sekarang, Anda harus keluar satu per satu dari aplikasi Musik, TV, dan Buku.

Buka salah satu aplikasi tersebut. Lalu, buka Akun > Otorisasi > Batalkan Otorisasi Komputer Ini. Masukkan ID Apple dan kata sandi, tekan tombol Deauthorize.

Selanjutnya, Anda harus mematikan Cari Mac Saya dan keluar dari iCloud. Buka System Preferences > Apple ID, klik iCloud di panel kiri, hapus centang Find My Mac.

Selanjutnya, klik Ikhtisar dari panel kiri dan klik Keluar. Akhirnya, Anda keluar dari Pesan. Buka Pesan > Preferensi, klik iMessage, lalu klik Keluar.

2. Putuskan Sambungan Bluetooth

Jika Anda menitipkan MacBook lama Anda kepada anak atau orang lain di rumah Anda, sebaiknya lepaskan perangkat Bluetooth apa pun agar mouse atau keyboard aman.

Buka System Preferences > Bluetooth, arahkan mouse ke perangkat yang ingin Anda putuskan pemasangannya, klik tombol X di sebelah kanan namanya, lalu klik Hapus.

3. Setel ulang NVRAM

NVRAM adalah memori tempat MacBook Anda menyimpan pengaturan yang diperlukan sebelum memuat macOS. Kami merekomendasikan mengatur ulang NVRAM sebelum mengganti laptop.

Untuk melakukannya, matikan MacBook Anda, lalu hidupkan dan segera tekan dan tahan empat tombol bersamaan: Option, Command, P, dan R. Lepaskan setelah 20 detik.

4. Factory Reset

Anda perlu memasukkan MacBook ke Recovery Mode untuk menghapus semua data dan menginstal ulang MacOS. Untuk masuk ke Recovery Mode caranya cukup mudah.

Pada MacBook berbasis Intel, mulai ulang dan segera tekan, lalu tahan Command-R. Ingat, Anda dapat melepaskan kunci setelah Anda melihat logo Apple muncul.

Jika Anda sudah menyiapkan MacBook M1, maka boot ke Recovery Mode sedikit berbeda. Cukup tekan dan tahan tombol daya hingga Anda melihat jendela opsi startup.

Selanjutnya, klik Opsi dan Lanjutkan untuk masuk ke jendela utilitas. Anda akan melihat jendela MacOS Utilities. Pilih Utilitas Disk, klik Lanjutkan dan pilih disk mulai.

Jika Anda mengganti namanya, kemungkinan besar berlabel Macintosh HD atau semacamnya. Selanjutnya, klik Erase di bagian atas jendela Disk Utility dan isi dua bidang ini:

Nama: Pilih nama untuk volume baru. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Macintosh HD yang telah diuji.
Format: Pilih APFS.

Jika Anda mencoba menjual MacBook lama yang memiliki hard drive mekanis alih-alih solid-state drive, pilih Mac OS Extended (Terjurnal) untuk Format.

Selanjutnya, klik Hapus Grup Volume. Setelah Utilitas Disk menyelesaikan tugasnya, keluarlah. Jika Anda tidak melihat tombol Hapus Grup Volume di sudut kiri bawah, klik Hapus.

Anda harus kembali ke jendela MacOS Utilities. Jika tidak, restart MacBook lagi, tahan Command-R saat reboot. Dari jendela MacOS Utilities, pilih Instal Ulang MacOS.

Selanjutnya, ikuti instruksi untuk menginstal sistem operasi. Setelah MacOS diinstal ulang, Anda akan disambut oleh Setup Assistant. Kemudian, matikan MacBook Anda dan proses Factory Reset Macbook Anda selesai.

Itulah tadi tips cara Factory Reset Macbook. Sangat mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan