15 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Paling Ampuh

Error WhatsApp memang menjadi masalah, namun bukan berarti Anda tidak bisa menyelesaikan masalah yang mengganggu tersebut. Kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kesalahan WA.

Aplikasi teks ini memiliki jumlah pengguna yang sangat besar, bahkan mungkin terbesar di Indonesia dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

WhatsApp memang memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti tidak pernah menjadi masalah. Sama seperti yang lainnya, WhatsApp juga sering error. Jika demikian, biasanya pengguna tidak dapat membuka fitur tertentu atau bahkan seluruh aplikasi.

Jika Anda mengalami kesalahan WA, tidak perlu khawatir karena tim Segerin id telah merangkum beberapa penyebab kesalahan WhatsApp dan cara mengatasinya.

1. WhatsApp error tidak bisa dibuka

Ada beberapa kemungkinan yang tidak bisa membuka WhatsApp error, seperti tidak terhubung ke jaringan internet, aplikasi Task Killer yang Anda instal, cache build-up, atau ada masalah saat mengunduh dan menginstal aplikasi WA di ponsel. .

Cara mengatasi error WA ini sebenarnya cukup mudah. Ikuti cara mengatasi error WhatsApp tidak bisa dibuka di bawah ini:

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang diinstal adalah versi terbaru.
Selanjutnya jaringan internet stabil dan pastikan tidak ada aplikasi Task Killer yang bisa mematikan aplikasi WhatsApp.
Kemudian bersihkan cache dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Aplikasi, lalu pilih WhatsApp dan klik tombol Clear Cache.

Jika cara ini masih tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara terakhir dengan cara install ulang aplikasi WhatsApp kamu.

2. Kesalahan WhatsApp setelah peningkatan

Meski tidak sering, namun ada kalanya WhatsApp memberikan update aplikasi bagi penggunanya. Namun ada beberapa pengguna yang mengeluhkan aplikasi WA yang mereka gunakan error setelah melakukan upgrade.

Salah satu penyebab error WA ini adalah ruang penyimpanan yang tidak mencukupi saat proses upgrade atau ada masalah dengan Google Play Store yang Anda gunakan.

Jika Anda mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Berikut kami berikan cara mengatasi error wa setelah update :

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan.
Jika sudah, masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Apps, lalu pilih All, lalu pilih Google Play Store, dan klik Clear Cache.
Kemudian masuk ke menu setting, lalu pilih Apps, lalu geser ke tab All dan scroll ke bawah hingga menemukan aplikasi Google Play Store. Kemudian buka dan pilih Force Stop, lalu klik Wipe Data.

Jika cara sebelumnya masih tidak bisa, kamu bisa mencoba cara tersebut dengan cara menghapus aplikasi WhatsApp lalu mendownloadnya kembali dari website Play Store.

3. WhatsApp tidak dapat mengirim pesan

Selain tidak bisa dibuka dan rusak setelah diupgrade, salah satu masalah WhatsApp yang sering error adalah tidak bisa mengirim pesan.

Penyebab WhatsApp error dan tidak bisa berkirim pesan juga bermacam-macam, bisa jadi karena handphone tidak terkoneksi dengan jaringan internet, data dan cache aplikasi WA sudah menumpuk banyak, atau d Ada aplikasi lain yang “membunuh” Aplikasi WA di smartphone Anda.

Jika itu terjadi, coba terapkan cara lain untuk mengatasi kesalahan WA dan tidak dapat mengirim pesan berikut:

  1. Periksa jaringan internet Anda, dan juga periksa apakah WhatsApp dapat mengakses internet.
  2. Kemudian bersihkan cache dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Aplikasi, lalu pilih WhatsApp, dan klik tombol Clear Cache untuk mengosongkan cache aplikasi WhatsApp.
  3. Anda juga dapat menghapus data aplikasi WhatsApp.
  4. Atau dengan memperbarui aplikasi WhatsApp.

4. Nomor kontak tidak terdeteksi

Ada banyak fitur error WhatsApp yang bisa Anda temukan, salah satunya tidak bisa mendeteksi nomor kontak. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan nomor kontak sudah benar.

Coba gunakan WhatsApp versi terbaru agar tidak ada pengaturan yang ketinggalan zaman. Selanjutnya, periksa apakah Anda telah mengatur daftar kontak di ponsel Anda agar dapat dibaca oleh aplikasi.

5. Tidak dapat memutar video di WhatsApp

Kini Anda bisa menikmati fitur multimedia yang lebih lengkap di WhatsApp, salah satunya adalah video. Fitur video kini telah menjadi fitur yang wajib dimiliki dalam aplikasi chatting.

Tak heran jika Anda kini sering suka berkirim pesan video melalui aplikasi WhatsApp. Namun terkadang Anda mengalami masalah bahwa video yang dikirim tidak dapat dibuka atau diputar.

Cara mengatasi error whatsapp tidak bisa memutar video adalah dengan mengupdate Google Foto ke versi terbaru. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya langsung dari Google Play Store secara gratis. Seberapa mudah?

6. Pesan suara tidak dapat diputar

Selain fitur video, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pesan suara di aplikasi WhatsApp. Biasanya fitur ini paling banyak digunakan jika Anda malas mengetik pesan, maka menggunakan voicemail adalah solusinya.

Namun fungsi ini juga tidak lepas dari gangguan. Terkadang pesan suara yang Anda terima tidak dapat diputar atau audio tidak akan terdengar. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan ada kesalahan pada aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

Seringkali, masalah ini dapat terjadi karena terkait dengan fitur sensor jarak yang sangat diandalkan oleh WhatsApp.

Saran kami, pastikan fungsi ini tidak rusak dan jangan letakkan di dekat wajah dan telinga Anda saat ingin memutar pesan audio.

7. Beberapa nomor kontak

Sebelumnya kita sudah membahas masalah kontak yang tidak bisa dideteksi. Nah, selain masalah tersebut, pengguna juga sering mengalami masalah dengan kontak ganda.

Yap, WhatsApp yang memiliki bug biasanya menggandakan kontak. Tentu hal ini akan membuat Anda bingung, karena kontak yang ada di daftar akan banyak atau dua kali lipat. Bingung kan?

Untuk mengatasinya agar bisa kembali normal, Anda hanya perlu mendownload aplikasi WhatsApp versi terbaru. Atau jika, misalnya, Anda memiliki banyak waktu luang, Anda juga dapat menghapus kontak duplikat secara manual.

8. Mungkin akun Gmail diretas atau tidak valid

Anda sudah tahu bahwa ponsel Anda terhubung ke akun Gmail, dan jika WhatsApp Anda berhenti berfungsi maka itu mungkin karena akun Gmail menjadi tidak valid.

Akibatnya, ID Gmail mungkin tidak berfungsi. Dalam situasi ini, Anda harus keluar dari akun email Anda dan masuk lagi dengan ID pengguna yang berbeda.

Cara mengatasi kesalahan WhatsApp, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka menu pengaturan dan klik Akun untuk meninggalkan telepon
Kemudian pilih Akun Google dan klik “Hapus Akun”

Nah itulah tadi pembahasan kami mengenai berbagai masalah atau error yang sering terjadi pada aplikasi WhatsApp, dan cara mengatasinya. Semoga tips yang kami berikan bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

WhatsApp sendiri sudah hadir dalam versi desktop, atau yang biasa kita sebut dengan WhatsApp Web. Fitur baru ini sangat populer di kalangan pengguna karena mereka dapat mengakses WhatsApp melalui desktop atau laptop.

Pengguna dapat membukanya dengan browser atau aplikasi berbasis Windows dan Mac.

9. Aplikasi WhatsApp Kedaluwarsa

WhatsApp menerapkan kebijakan periode penggunaan pada aplikasinya. Jika masa berlakunya akan segera berakhir, aplikasi akan segera meminta pengguna untuk memperbarui melalui toko aplikasi.

Jika tidak diperbarui, WhatsApp tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memperbarui aplikasi WhatsApp secara berkala. Setelah memperbarui, Anda dapat menggunakannya secara normal seperti biasa.

10. Jaringan Internet Bermasalah

Masalah lain kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka adalah jaringan internet yang bermasalah. Seperti yang kita ketahui WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang membutuhkan akses internet.

Jika demikian, coba gunakan jaringan internet 4G atau gunakan WiFi. Jika Anda menggunakan WiFi, coba reset WiFi dengan menggunakan Lupa Jaringan, lalu masukkan kembali kata sandi WiFi, jika WiFi menggunakan kata sandi.

11. Memori Penyimpanan Penuh

Memori penyimpanan yang penuh juga bisa menjadi efek WhatsApp tidak bisa berfungsi secara normal. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki penyimpanan gratis di ponsel cerdas Anda.

Jika memori penyimpanan di smartphone Anda penuh, coba bersihkan cache atau hapus aplikasi atau yang tidak digunakan. Bisa juga memindahkan sejumlah file ke memori eksternal.

Hal ini akan memberikan lebih banyak ruang di memori internal sehingga WhatsApp dapat kembali berfungsi secara normal.

12. Masalah Kode Aktivasi

Bagi Anda yang kesulitan memasukkan kode aktivasi, pastikan kode negara yang digunakan sudah benar. Untuk pengguna di Indonesia, kode pertama adalah +62, kemudian diikuti dengan nomor ponsel Anda tanpa angka 0 di depannya.

Kode aktivasi dikirim melalui SMS. Jika kode tidak diterima, Anda dapat meminta kode aktivasi melalui panggilan suara.

13. WhatsApp Down

Penyebab lain seringnya WA error adalah karena gangguan pada server utama. Malfungsi ini biasanya menyebabkan layanan WhatsApp down dan tidak bisa digunakan oleh semua pengguna.

Ketika hal ini terjadi, Anda juga biasanya akan kesulitan untuk mengirim pesan, foto, audio dan lain sebagainya.

Jika kondisi ini terjadi, kita hanya bisa menunggu WhatsApp memperbaiki masalahnya. Biasanya masalah tersebut tidak berlangsung lama dan dapat digunakan kembali dengan cepat.

14. Pengaturan Waktu dan Tanggal Smartphone Salah

Pengaturan waktu dan tanggal yang salah di smartphone juga bisa menjadi penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka.

Cara memperbaiki kesalahan WhatsApp ini cukup mudah. Anda dapat pergi ke pengaturan smartphone, hanya ke bagian waktu dan tanggal. Atur waktu secara manual, sesuai dengan waktu dan tanggal saat ini. Setelah selesai, coba buka kembali aplikasi WhatsApp Anda.

15. Smartphone tidak lagi mendukung WhatsApp

Alasan lain mengapa WhatsApp tidak bisa dibuka adalah karena smartphone Anda tidak lagi mendukung layanan WhatsApp. Aplikasi WhatsApp terus diperbarui untuk mendukung smartphone terbaru.

Biasanya smartphone dengan sistem operasi yang terlalu lama tidak lagi diperbarui oleh WhatsApp. Oleh karena itu, WhatsApp tidak dapat digunakan untuk seluler.

Tinggalkan Balasan